Buku Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat PNP Edisi 2 Tahun 2023 Resmi Diterbitkan

Buku Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat PNP Edisi 2 Tahun 2023 Resmi Diterbitkan

 

PNP News. Dalam rangka menunjang salah satu penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Politeknik Negeri Padang melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M), menerbitkan buku Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat PNP Edisi 2 Tahun 2023 sebagai fasilitasi dan acuan bagi sivitas akademika dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

 

 

Dalam peluncuran buku tersebut, Selasa, 28 Februari 2023, Direktur Surfa Yondri mengungkapkan, penerbitan Buku Panduan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas, efektivitas, dan efisiensi pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di PNP dalam rangka mencapai standar nasional penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

PNP sebagai perguruan tinggi vokasi berupaya untuk memfasilitasi peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan pembangunan nasional yang pada gilirannya dapat berkontribusi terhadap peningkatan daya saing bangsa, imbuhnya dalam peluncuran yang diselenggarakan secara daring tersebut.

Buku setebal sekitar 100 halaman tersebut disusun oleh 8 orang dosen Politeknik Negeri Padang, Prof. Dr. Dra. Yuli Yetri, M.Si., Revalin Herdianto, S.T., M.Sc., Ph.D., Sarmiadi, S.E., M.M., Gusri Yaldi, S.ST., M.Eng., Ph.D. , Afifah, S.E., M.Si., Ruzita Sumiati, S.T., M.T., Endrawati, SE., M. Kom, Ak., Hidayatul Ihsan, S.E., M.Sc.Acc., Ph.D, C.A., dan seorang tendik, Teuku Mohd. Alamsyah Almera, A.Md.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Dr. Ir. Yuhefizar, S.Kom., M.Kom., IPM. menambahkan, buku tersebut disusun sesuai dengan budaya akademik, keahlian, dan/atau otonomi keilmuan sivitas akademika PNP serta kondisi sosial budaya masyarakat, serta mengacu kepada Renstra PNP, Renstra Penelitian PNP dan Renstra Pengabdian. Diharapkan dengan adanya buku tersebut, diharapkan PNP bisa mencapai dan melampaui Standar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, terangnya. sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi kepada Masyarakat PNP.

Mantan Ketua Senat PNP, H.A.M. Mooduto menyarankan, sebagai dokumen PNP, buku panduan tersebut sebaiknya dilengkapi agar jika melakukan share bisa dimasukkan dalam media penyimpan perangkat. Yuhefizar pun merencanakan saat versi final nanti, buku tersebut juga dilengkapinya dengan ISBN.

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

 

 

d®amlis